Powered By Blogger

Minggu, 29 Maret 2015

Mengapa kita perlu berolahraga?

Bukan rahasia lagi olahraga menjadi pokok penting dalam kehidupan kita sehari hari. Olahraga menjadi salah satu bagian hidup yang tidak dapat kita pisahkan, bahkan saat ini olahraga menjadi trend tersendiri khususnya di kota kota besar. Tingginya kesadaran akan hidup sehat menjadi dasar utama kita untuk berolahraga, tapi tahukah bahwa olahraga tidak hanya memberikan dampak secra fisik semata tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa hal yang anda dapatkan dari berolahraga.
Olahraga membuat kita menghindari stress. Ada keterkaitan antara olahraga dan stress, hampir semua penelitian menunjukan bahwa dengan berolahraga rutin kita terhindari dari stress, ini dikarenakan kita melepaskan hormon-hormon yang memicu stress pada saat berolahraga. Sehingga tidak heran banyak pengobatan stress selalu menyertakan wajib olahraga bagi pasiennya.
Meningkatnya kepercayaan terhadap diri sendiri menjadi satu dari beberapa hal yang anda  bisa dapatkan dari berolahraga, sebagai contoh rutin berolahraga membuat tubuh anda semakin ideal, karena dengan berolahraga yang rutin akan membantu anda membakar kalori, sehingga lemak dalam tubuh akan berkurang. Kini anda dapat tersenyum karena celana atau baju yang sebelumnya tidak muat karena bentuk tubuh yang tidak sesuai dengan pakaian anda kini bukan menjadi masalah lagi.
Tanpa anda sadari sikap mental dan kepribadian yang tangguh  akan terbentuk karena adanya aturan main dan tantangan dalam olahraga. Semakin tinggi tantangan yang anda hadapi  tentu akan membuat mental kita semakin terbentuk dengan baik.  
Meningkatnya system imun dalam tubuh anda. Ini salah satu bukti bahwa orang yang sering melakukan olahraga  memiliki kesehatan dan kekuatan jasmani yang optimal, orang yang “fit” akan mampu melaksanakan pekerjaannya berulang kali tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti. anda bisa bandingkan seorang pegawai yang rutin berolahraga akan memiliki tingkat efisiensi dan produktivitas kerja yang tinggi di tempat kerjanya yang sangat berbanding terbalik dengan yang tidak rutin atau bahkan tidak berolahraga.
Berpikir dan bertindak yang lebih responsive terhadap lingkungan sekitar, olahraga seperti bulutangkis, sepakbola atau bola basket secara tidak langsung memaksa anda melatih respon dalam berpikir dan bertindak untuk mengambil suatu keputusan dalam mengubah posisi bola, gerakan tubuh dan Sepersekian detik kita dihadapkan banyaknya pilihan yang akan menjadi penentu kesuksesan kita dalam lapangan, hal ini melatih kerja otak anda yang juga merespon sel syaraf anda dalam bergerak.


Selain hal yang saya sebutkan di atas, banyak poin penting yang nantinya akan anda dapatkan dari berolahraga seperti memiliki tingkat disiplin yang baik, sportifitas tinggi, rasa tanggung jawab dan nilai nilai kehidupan lainnya.  Jadi berolahragalah minimal 30 menit setiap harinya untuk mendapatkan hal-hal yang saya sebut di atas.

Lensa Fokus edisi 6 / hal 23 / 9 Maret 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar