Powered By Blogger

Selasa, 10 Januari 2012

Karakter atau keadaan yang buat orang galau?

Malam ini hujan yang cukup besar menggeroyok daerah sekitar komplek rumah gw, sambil menyetel lagu berjudul RAIN AND TEARS yang di nyanyikan oleh Demis Roussos, sumpah ini lagu jadul banget dan YES banget buat Galauers!

Sebenarnya gw gak paham sama makna lagu ini pada saat gw pertama kali mendengarkannya di jaman-jaman gw masih ingusan dulu, yang gw tahu cuma artinya tanpa memaknai  lagunya. Semakin dewasa kadang beberapa lagu yang dulu kita gak bisa maknai, masuk ke otak kita lalu perasaan kita karena suatu keadaan yang seakan muncul dan kena banget sama lirik lagunya. Sama kayak lagu, lu gak bakalan tahu arti galau kalau lu gak ngerasain. Setiap orang bisa bilang ke lu seperti ini : 'lebay banget ini orang ampe galau"
kalau dia gak pada situasinya, pasti dia gak paham, Setuju??
Jadi lagu sebagus apapun kalau gak kena sama keadaan gak akan mewarnai hidup kita, lagu itu seakan kayak jadi backsoundnya hidup kita, kayak film-film gitu deh.

Nah bicara soal galau gw mau berbagi sedikit, INGET berbagi bukan curcol mengenai G.A.L.A.U.
Galau menurut gw sudah ada dari jaman dahulu di berbagai belahan dunia dengan berbagai macam bahasa. Galau sangat trend di saat ini, terutama bagi yang masih remaja maupun sudah mencapai umur dewasa pun masih bergelut dengan kegalauan, gw gak tau, ketika jamannya bonyok gw, galau itu bagaimana situasinya, mungkin ketika ada waktu, gw mau mencoba mewawancarai mereka *tunggu beritanya!*

Galau semakin menjadi apa lagi dengan adanya situs jejaring sosial kayak twitter, facebook atau yang lainnya, karena di sana kita bisa show up dan jadi penyakit yang nyebar buat yang lainnya. Kenapa gw bilang nyebar, contoh ada cewek yang udah mulai hilang virus galaunya, tiba-tiba baca mention orang yang lagi galau, lalu inget mantannya dan kambuh lagi penyakitnya. Begitulah kira-kira penyebarkan galau jaman sekarang menurut sisi kemajuan teknologi. Kalau dulu gak separah ini mungkin, karena dulu pake surat-suratan, jadi gw gak bisa ngerasain galau gara-gara sebuah surat.

Titik masalah ada di sini sebenarnya, galaunya lu karena keadaan atau karena karakter lu?
Kalau karena KEADAAN, sangat bisa di pahami dan itu obatnya cuma WAKTU yang bisa hilangin galau lu. Wajar dong, lu kehilangan mobil karena di curi di parkiran atau karena lu di putusin, gak mungkin lu ketawa-ketawa saat itu juga, jadi galau keadaan itu sangat-sangat wajar. Biar gak larut-larut isi hari-hari lu dengan berbagai kesibukan yang buat lu lupa sama masalah lu, entah hangout sama temen-temen, olahraga atau buat suatu hal yang menghasilkan yang sedikit demi sedikit buat lu lupa sama galau lu.

Kalau yang ini gawat ketika galau lu karena KARAKTER, ini kronis dan di anjurkan untuk berobat ke psikiater terdekat. INI SERIUS, BUKAN MAIN-MAIN lho!! Setiap hari pasti ada yang mesti di galauin, yang biasanya jadi karakter itu para cewek yang labil, ini menurut pandangan gw aja, kalau salah, mohon maaf yak #peace. Contoh kalau pakai baju yang kurang pas dia galau, kalau kuteknya rusak dia galau, kalau poninya kebelah atau gak rata dia galau, ups nyindir ini namanya haha *it;s a joke

Sebenarnya kenapa bisa  jadi karakter menurut gw karena terbentuknya suatu kebiasaan tanpa di iringi oleh emosi yang stabil yang buat lu galau terus menerus. Ada pemicu lainnya seperti rendahnya tingkat hormon endorfin ( hormon yang mempengaruhi kebahagiaan seseorang ), semakin meningkatnya hormon ini, semakin bahagianya kita begitu juga sebaliknya. Endorfin diproduksi secara alamiah oleh kelenjar otak untuk mengimbangi hormon adrenalin dan kortisol yang melimpah saat kita merasa jengkel, marah, atau stres *kok jadi belajar biologi?!
Sekedar pengetahuan aja, jalan kaki sangat membantu meningkatkan hormon ini dan buat kita makin baik.

Apa lu udah bisa bedain mana galau karena keadaan atau karena karakter lu sebagai pengalau sejati. Mudah-mudahan aja semua karena keadaan yang buat lu galau, tapi jangan lama-lama juga, nanti jadi kronis dan bisa jadi karakter lu. Temen-temen lu pasti males setiap ketemu lu, mereka liat muka lu kayak habis  kena badai katrina, kusut banget tuh muka.
Okay, semoga bermanfaat dan semoga galau itu hanya sebagian dari sisa hidup lu, amin.

1 komentar: